Buku Bekam Medik (Thibbia)

Buku Bekam Medik (Thibbia)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 146.000,00
Rp 116.800
You save: IDR 29.200,00! (20.00%)

Product Description

Buku Bekam Medik

dr. Wadda A.Umar, Penerbit Thibbia

Bekam namanya kini semakin kesohor. Terapi bekam (cupping therapy) adalah prosedur terapi dengan cara vakumisasi (melakukan penyedotan dengan tekanan negatif) pada kulit dengan memakai alat penyedot. Banyak jenis terapi bekam yang dijelaskan dalam literatur, di antaranya bekam kering, bekam basah, bekam dengan obat, bekam herbal, bekam akupuntur, bekam injeksi, bekam laser, bekam api, bekam infra red, bekam masase, bekam tarik, bekam luncur, dan selainnya. Alat penyedot yang dipakai bisa berupa bambu, kayu, tanduk hewan, balon karet, gelas kaca, kop kaca, kop plastik, suction, hingga mesin penyedot. 

Manfaat Bekam

Bekam Al-Hijamah merupakan teknik pengobatan yang sederhana dan mudah. Namun, banyak keuntungan terapeutik yang didapatkan darinya (asal tekniknya tepat), misalnya, pembersihan darah secara non spesifik, mengurangi nyeri, potensiasi farmakologik, mengembalikan homeostasis, dan lainnya. Di sisi lain, tidak adanya laporan risiko cidera. Al-Hijamah memberikan banyak keuntungan terapeutik melampaui terapi konvensional lainnya. Selengkapnya pada hal.32-40.

Efek Samping Bekam

Di antara parameter terpenting ketika melakukan terapi bekam Al-Hijamah adalah efek keselamatan, keamanan, dan efek samping pada pasien yang dibekam. Sebenarnya bekam Al-Hijamah sangat jarang didapatkan efek samping saat syarat-syarat praktik dasar telah dipenuhi dan dilakukan sesuai standar.

Sebaiknya pasien yang akan dibekam, hemodinamiknya stabil dan juga tidak punya kelainan perdarahan yang tidak terkontrol atau kelainan pembekuan darah yang tidak terkontrol. Harus diperhatikan kontra indikasinya. Jika sudah diperbaiki keadaan umumnya, silahkan dilakukan terapi bekam dengan syarat dilakukan evaluasi ulang sebelum melaksanakan bekam Al-Hijamah dengan memperhatikan rasio risiko / keuntungan jika tetap dibekam. Sterilisasi ketat harus dilakukan selama keseluruhan prosedur bekam …… (hal.49-51)

Manfaat bekam, indikasi, kontraindikasi, dan efek samping yang timbul berbeda-beda, tergantung pada metode dan teknis bekam yang digunakan. Bekam kering hanya dilakukan penyedotan subkutan dengan tekanan negatif, tentu saja manfaatnya tidak sebanyak bekam basah metode PC dan metode bekam basah metode CPC. Apa itu PC dan CPC? Cari tahu yuk di sini ….

Judul Buku : Bekam Medik
Penulis : dr. Wadda A.Umar
Penerbit : Thibbia
Format Buku : Hardcover
Dimensi Buku : tebal buku 313 halaman, ukuran buku 15.5 x 23.5 cm, berat buku packing +/- 650 gram