Buku Bangkit dan Runtuhnya Khilafah Utsmaniyah (Pustaka Al-Kautsar)

Buku Bangkit dan Runtuhnya Khilafah Utsmaniyah (Pustaka Al-Kautsar)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 160.000,00
Rp 128.000
You save: IDR 32.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Bangkit dan Runtuhnya Khilafah Utsmaniyah

Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shallabi, Pustaka Al-Kautsar

Menapaki sejarah perjalanan Khilafah Utsmani, maka yang akan kita dapatkan adalah bahwa mereka membangun pemerintahan itu dengan bangunan keimanan yang demikian kokoh kepada Allah, mereka membangun dengan semangat Islam yang menyala-nyala. Mereka bangun negeri itu dengan darah dan air mata, dengan jihad harta dan jiwa. Khilafah Utsmani dibangun di atas semangat untuk menegakkan syariah, semangat untuk menegakkan kalimat Allah dan menghancurkan angkara murka.

Para khalifah Utsmani membangun khilafahnya dengan kerja keras dan keringat, dengan keberanian dan keajegan. Mereka membangun tiang-tiang negara dengan pondasi keimanan yang demikian kokoh, dengan asas yang demikian rapi. Asas keimanan dan keislaman yang tegar kemudian berbuat ihsan. 

Maka tidak heran berkat semangat juang yang tinggi, pikiran yang cerdas, keinginan yang kuat, Konstantinopel ---yang merupakan kota idaman setiap bangsa dunia saat itu--- bertekuk lutut di bawah telapak kaki Sultan Muhammad Al-Fatih pada tanggal 29 Mei 1453 M. Kejatuhan Konstantinopel ini menurut seorang sejarawan; Abul Hasan Ali An-Nadwi dalam bukunya Madza Khasira Al-’Alam bin Inhithath Al-Muslimin telah membangkitkan semangat kaum muslimin. Kaum muslimin dunia menaruh harapan pada bangsa Turki untuk mengembalikan kejayaan dan kewibawaan Islam di mata dunia. Keberhasilan khilafah Utsmani dalam menaklukkan kota Konstantinopel ini menunjukkan akan betapa kuatnya pemerintahan Islam saat itu, di mana sebelumnya usaha-usaha untuk menaklukkannya selalu mengalami kegagalan.

Waktu pun berjalan … Dan Allah pergulirkan masa itu, masa melemahnya khilafah ini. Melemahnya aspek internal pemerintah Utsmani merupakan faktor-faktor yang mengantarkannya ke lubang kebangkrutan. Dan pada saat yang sama musuh-musuh Islam yang tidak sedang dengan mekarnya kekuasaan Utsmani telah pula membuat pemerintahan Utsmani semakin goyah. Gabungan antara kelemahan internal dan serangan eksternal sangat cukup kuat untuk membuat khilafah Utsmani semakin terpuruk. 

Ada beberapa hal penting yang bisa kita sebutkan sebagai virus ganas yang membuat khilafah Utsmani bangkrut. Faktor keimanan yang menjadi pendorong maju dan tegaknya khilafah Utsmani, pada masa akhir pemerintahan  ini mengalami kelumpuhan pada tingkat yang tidak bisa dibayangkan. Loyalitas pada Islam mengendur sehingga mengambil orientasi dan ajaran yang sebenarnya bertolak belakang dengan Islam. Akidah umat tidak lagi menjadi driving force yang mampu menjadi turbin yang menggerakkan untuk maju dan lain sebagainya. 

Judul Buku : Bangkit dan Runtuhnya Khilafah Utsmaniyah
Penulis : Prof. DR. Ali Muhammad Ash-Shalabi
Penerbit : Pustaka Al-Kautsar
Format Buku : Hard Cover
Dimensi Buku : tebal buku 706 halaman, ukuran buku 16 x 24,5 cm, berat buku 1200 gram