Buku Ayo Habiskan Makananmu! (Maktabah AlFaiz)

Buku Ayo Habiskan Makananmu! (Maktabah AlFaiz)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 58.000,00
Rp 46.400
You save: IDR 11.600,00! (20.00%)

Product Description

Buku Ayo Habiskan Makananmu!

Kak Erlan, Maktabah AlFaiz

Kak Erlan .... bukan nama yang asing bagi pemerhati pendidikan. Kali ini, beliau bersama Kak Megha Aiytes mencoba menyuguhkan adab-adab makan dalam cerita bergambar. Selain layar visual, anak-anak lebih suka menghabiskan waktunya untuk melihat buku bergambar daripada buku yang isinya tulisan semua (meski tidak semuanya demikian). Oleh karena itu, buku ini hadir sebagai pelengkap media belajar anak-anak Islam Indonesia.

Berbicara Tentang Kesyukuran

Betapa berlimpahnya kenikmatan yang telah Allah berikan. Di sisi lain, pernahkah adik-adik berpikir? Ada nikmat dari Allah yang sering kita sia-siakan. Misalnya ketika makan, terkadang kita suka menyisakan nasi di piring kita. Padahal nasi yang tersaji untuk kita merupakan salah satu bentuk dari banyak kenikmatan Allah yang sangat berharga. Sudahkah kita mensyukurinya? Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.” (Surat Al-Baqarah:152)

Di antara adab makan … Dari Abu Hurairah, ia berkata,

مَا عَابَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – طَعَامًا قَطُّ ، إِنِ اشْتَهَاهُ أَكَلَهُ ، وَإِنْ كَرِهَهُ تَرَكَهُ

“Tidaklah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mencela suatu makanan sekali pun dan seandainya beliau menyukainya maka beliau memakannya dan bila tidak menyukainya beliau meninggalkannya (tidak memakannya).” (HR. Bukhari)

Dan inilah yang mayoritas terjadi pada anak-anak, mereka enggan makan karena tidak suka dengan menunya, lantas menggerutu dengan ucapan yang tidak baik. Ajarilah anak-anak untuk menghargai orang yang telah memasak dan tidak mencela makanan yang ada di hadapannya.

Dan ma’ruf di sisi kita bahwa awal kali sebelum makan dan minum; kita dianjurkan untuk menggunakan tangan kanan sembari mengucapkan tasmiyah “Bismillah” dan apabila lupa, membaca doa “Bismillah fi awwalihi wa akhirihi.” Tidak meniup makanan yang masih panas, tidak minum dengan sakali tegukan, akan tetapi bertahap. Tidak bersandar saat makan, menjilati jari jemari seusai makan, jika makannya menggunakan tangan dan hal ini tidak berlaku jika memakai sendok atau garpu. Dan berdoa seusai makan.

Judul Buku : Buku Ayo Habiskan Makananmu!
Penulis : Kak Erlan
Penerbit : Maktabah AlFaiz
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : jumlah halaman 26, ukuran buku 23 cm x 23 cm, berat 200 gram