Buku Asbabun Nuzul (Penerbit Insan Kamil)

Buku Asbabun Nuzul (Penerbit Insan Kamil)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 140.000,00
Rp 112.000
You save: IDR 28.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Asbabun Nuzul

Imam As-Suyuthi, Penerbit Insan Kamil

Inilah salah satu buku penting yang layak untuk memenuhi perpustakaan keluarga muslim. Selain kitab Tafsir dan Hadits, kitab seputar Asbabun Nuzul banyak dicari manfaatnya. Seberapa pentingkah kita untuk mengetahuinya? Mengetahui asbabun nuzul akan mengantarkan seseorang untuk membuka tabir hikmah yang ada di dalam syariat Allah, sehingga dengan pengetahuan terhadap hikmah dari syariat Allah akan semakin menambah keimanan yang ada di dalam hati.

Apalagi yang akan kita dapatkan dengan mengetahuinya? Mengetahui asbabun nuzul akan mengantarkan pada pemahaman hukum yang benar sesuai apa yang diinginkan oleh Allah. Dari peristiwa dan sebab itulah, para ulama mengkaji peristiwa-peristiwa hari ini yang memiliki kesamaan dengan peristiwa terdahulu. Mengetahui asbabun nuzul dapat mengantarkan seseorang untuk memahami ayat Allah dengan benar.

Ini adalah karya dari Imam Jalaludin As-Suyuthi, salah seorang ulama yang bermazhab Syafi’i. Seorang ulama yang piawai dalam ilmu tafsir, hadits, fiqih, nahwu, Al-Ma’ani, Al-Badi’ dan sejumlah ilmu lainnya. Karya tulis beliau sangat banyak dan telah memenuhi perpustakaan Islam. Di antaranya Durul Mantsur fit Tafsir bil Ma’tsur, Itqan fi Ulumil Qur’an, Hasyiah ‘ala Tafsir Al-Baidhawi, Syarh Syathibiyyah, dan lain sebagainya. Adapun buku yang ada di hadapan Anda disajikan khusus terkait sebab turunnya ayat berdasarkan riwayat yang beliau (penulis) kumpulkan.

Surat Al-Hijr: 47

وَنَزَعْنَا مَا فِى صُدُورِهِم مِّنْ غِلٍّ إِخْوَٰنًا عَلَىٰ سُرُرٍ مُّتَقَٰبِلِينَ

“Dan Kami lenyapkan segala rasa dendam yang berada dalam hati mereka, sedang mereka merasa bersaudara duduk berhadap-hadapan di atas dipan-dipan.”

Sebab Turunnya Ayat

Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Ali bin Al-Husain, ia menuturkan: “Ayat وَنَزَعْنَا مَا فِى صُدُورِهِم ini turun berkenaan dengan Abu Bakar, Umar, dan Ali bin Abi Thalib. Ada orang yang bertanya, “Dendam apa yang dimaksudkan ayat itu?” Ali bin Al-Husain menjelaskan, “Dendam semasa jahiliyah. Dahulu bani Tamim (Abu Bakar), bani Adi (Umar), dan bani Hasyim (Ali) selalu bermusuhan. Setelah mereka semua masuk Islam, mereka pun saling mengasihi. Ketika lambung Abu Bakar bermasalah, Ali bin Abi Thalib langsung segera menghangatkan tangannya dan menempelkannya di lambung Abu Bakar. Lalu turunlah ayat tersebut.”

Surat Al-Ghasiyah: 17

أَفَلَا يَنظُرُونَ إِلَى ٱلْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan.”

(terdapat salah cetak, dalam buku ini tertulis ayat 7, seharusnya 17)

Sebab Turunnya Ayat

Ibnu Jarir dan Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Qatadah, dia menuturkan: “Ketika Allah melukiskan ciri-ciri Surga, maka kaum yang sesat merasa heran. Lalu Allah menurunkan ayat ini.”

Judul Buku : Asbabun Nuzul
Penulis : Imam As-Suyuthi
Penerbit : Insan Kamil
Format Buku : Hard Cover
Dimensi Buku : tebal buku 720 halaman, ukuran buku 17,5 cm x 24,5 cm, berat 1.350 gram