Buku Anak Menanti Masa Baligh (QIDS)

Buku Anak Menanti Masa Baligh (QIDS)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 95.000,00
Rp 76.000
You save: IDR 19.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Anak Menanti Masa Baligh

Nizar Sa’ad Jabal, Lc, M.Pd dan Mu’ammar Abdullah At-Tamimi, Lc.

Baligh merupakan fase usia yang dijalani oleh seorang anak. Apa saja tanda-tandanya? Tanda-tandanya ada tiga yakni telah mencapai usia 15 tahun sempurna bagi lelaki maupun perempuan, Kedua: mengalami apa yang disebut ihtilam (mimpi basah) bagi lelaki maupun perempuan yang biasanya terjadi saat ia berusia 9 tahun, dan ketiga: bagi perempuan; ia telah mengalami haidh, biasanya saat usia 9 tahun juga. Dan ada tambahan keempat yakni tumbuhnya bulu kemaluan.

Seorang anak yang baligh, maka ia harus menutup aurat. Apa itu aurat? Aurat adalah suatu anggota badan yang tidak boleh ditampakkan dan diperlihatkan oleh lelaki atau perempuan kepada orang lain. Jadi, menutup aurat hukumnya wajib. Selain menutup aurat, seorang anak dituntut untuk mengenal apa itu mahram? Mahram secara bahasa ialah wanita yang haram dinikahi oleh laki-laki, dalilnya tercantum dalam surat An-Nisaa’: 22-24)

Dan mahram terbagi menjadi dua; mahram muabbad dan mahram muaqqat. Mahram muabbad dibagi lagi menjadi tiga; karena nasab, karena ikatan perkawinan, dan karena persusuan. Sedangkan mahram muaqqat maknanya ialah wanita yang tidak boleh dinikahi sementara waktu dan jumlahnya ada delapan.

Membaca keterangan di atas, apakah sekiranya anak-anak kita mampu mencernanya? Tenang … sebab penjabaran hal di muka dilakukan melalui kisah sehari-hari yang diperankan oleh Faizah, Aisyah, Ahmad dan Hamzah (sepupu). Jadi, pelajaran ini akan mudah dipahami dengan baik. Ditambah lagi ilustrasi yang menarik, semoga menggugah minat baca anak didik. Selain mengenal apa itu baligh, apa itu mahram … anak-anak diajak untuk mengetahui kewajiban apa saja yang harus ditunaikan bagi mereka yang telah mencapai fase ini dan hal-hal terkait lainnya.

Dalam menyusun buku ini, penyusun berusaha mengambil intisari dari kitab-kitab para ulama, seperti: Shahih Bukhari karya Muhammad bin Isma’il Al-Bukhari, Fathul Bari karya Ibnu Hajar Al-Asqalani, Shahih Muslim, Muslim bin Hajjaj An-Naisaburi, Al-Minhaj Syarh Shahih Muslim karya Imam An-Nawawi, dan Shahih Fiqhus Sunnah karya Abu Malik. Jadi, tidak diragukan lagi bobot keilmiahan buku ini secara tidak langsung.

Judul Buku : Anak Menanti Masa Baligh
Penulis : Tim Perisai Quran
Penerbit : Perisai Quran
Format Buku : hardcover
Dimensi Buku : ukuran 24 cm x 20 cm, Berat 450 gram, tebal 110 halaman