Buku Anak Islam Suka Membaca (5 Jilid) (Pustaka Amanah)

Buku Anak Islam Suka Membaca (5 Jilid) (Pustaka Amanah)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 46.000,00
Rp 37.000
You save: IDR 9.000,00! (19.57%)

Product Description

Buku Anak Islam Suka Membaca (5 Jilid)

Nurani Musta’in, Pustaka Amanah

Membaca itu menyenangkan, itulah sedikit pesan yang dingin disampaikan pada buku ini. Buku besutan dari Ibunda Nurani Musta’in ini telah melegenda di beberapa sekolah Islam Terpadu baik TKIT atau pun SDIT, tentunya Anda sepakat. Mulai dari versi jadul yang masih menyajikan buku sederhana tanpa ilustrasi hingga cetakan revisi yang berbalut gambar penuh energi, semoga mampu menggugah minat baca anak didik kita.

Penyusun berkata, “Buku yang ada di hadapan pembaca ini merupakan buku metode belajar membaca bagi anak-anak (khususnya Taman Kanak-Kanak (TK)) yang cukup praktis dan mudah dipelajari. Hal ini disebabkan buku “Anak Islam Suka Membaca” menyajikan suatu metodologi yang dirumuskan dari berbagai uji coba dan pengalaman mengajar membaca anak-anak usia balita selama kurang lebih lima (5) tahun.”

Pada jilid 1, anak-anak disuguhi gambar-gambar berikut namanya. Dan sebagaimana lazim dalam buku panduan, maka pada halaman awal disebutkan cara mengajar jilid 1. Secara umum, jilid ini hanya memfokuskan anak pada pembacaan huruf vokal ‘a’. Dengan metode datar dan dibalik secara rutin dan berulang. Pada jilid dua (2), anak-anak mulai memasuki huruf vokal ‘i’ dan ‘u’. Contoh: bi bi ca ri ta xi. Tampak padanya penulisan disusun agak renggang, guna memudahkan untuk dieja dan pengajar diwanti-wanti untuk tidak sering menggunakan “alat tunjuk”, tujuannya ialah melatih anak untuk terbiasa membaca dengan matanya, bukan dengan arahan peraga pada jari yang digunakan pengajar. Tak lupa, penerbit sertakan gambar peraga yang menarik pada beberapa halaman buku ajar.

Menuju ke buku ke tiga (3), penyusun menampilkan huruf vokal secara lengkap dalam dua tahapan. Di awal pembahasan, anak-anak diajak untuk mulai mengenal ‘a-i-u-e’ tanpa ‘o’. dan di akhir pelajaran (satu muka), biasanya ananda diberikan latihan untuk membaca kalimat: sa u qi ba wa bo la. Untuk ujian praktek baca di penutup sesi, maka penyusun sajikan huruf abjad yang sudah dimbuhi huruf vokal untuk dibaca berurutan dan dibaca secara terbalik. Lalu pada ujian setelahnya, ananda dihadapkan pada pembacaan kalimat lengkap (meski masih renggang penulisannya, tapi cara ini cukup efisien untuk menjadikan anak melahap materi dengan mudah).

Masih ada jilid 4 dan 5. Pada jilid 4, anak didik dihadapkan pada pembacaan huruf mati dengan cara sederhana. Contoh: ba ba  menjadi bab, lo bo menjadi lob, dan seterusnya. Kemudian huruf mati setelah huruf awal, seperti: ‘ak’, ‘al’, ‘as’ dan seterusnya. Disusul dengan pengenalan ‘ang-ing-ung-eng-ong’. Juga, ‘nga-ngi-ngu-nge-ngo’, dan materi ajar baca menarik lainnya.

Khususon (edisi khusus) untuk jilid lima, karena ada yang spesial dalam jilid ini. Sebagaimana kebiasaan keluarga muslim adalah membaca, khususnya buku-buku agama. Maka penyusun mencoba mengetengahkan cara baca transliterasi huruf hijaiyah ke dalam bahasa Indonesia, pengenalan cara baca lafzhul jalalah, tasydid, dan lain sebagainya). Sebagai pembuka … anak didik dikenalkan pada huruf abjad secara acak. Berkebalikan dengan metode yang dipakai pada sekolah Konvensional, mereka mengajari anak didiknya dengan menghafal huruf abjad ini (a-b-c-d-e-f-g), lalu membaca. Manakah yang lebih unggul? Anda lah yang menilainya.

Judul Buku : Anak Islam Suka Membaca (5 Jilid)
Penulis : Nurani Musta’in
Penerbit : Pustaka Amanah
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : Ukuran 20 x 14 cm, Berat 100 gram, Tebal: 64 halaman