Buku Al-Muqni’ (Pustaka Azzam)

Buku Al-Muqni’ (Pustaka Azzam)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 229.000,00
Rp 183.200
You save: IDR 45.800,00! (20.00%)

Product Description

Buku Al-Muqni’

Ibnu Qudamah, Pustaka Azzam

Memang harus jeli saat membaca, beda huruf bisa mengubah artinya. Buku Al-Mughni berbeda halnya dengan buku Al-Muqni’. Sama-sama kitab fikih, tapi pendekatannya berbeda. Jika yang pertama lebih mengacu kepada studi kasus perbandingan mazhab, sedangkan yang kedua hanya menyajikan fikih yang disandarkan kepada ijtihad Imam Ahmad bin Hanbal, atau dengan bahasa populer; fikih mazhab Hanbali. Buku Al-Muqni’ telah menjadi rujukan para ulama, baik pada masa beliau (penyusun) hingga masa setelahnya, turun-temurun dan saling mewariskan.

Siapa yang tidak kenal dengan Ibnu Qudamah? Beliau sangat pemalu, menghindari dunia dan ahli dunia, santun, lemah lembut, rendah hati, mencintai kaum miskin, berbudi mulia, dermawan dan murah hati. Beliau sangat rajin beribadah, terhormat, berkarakter kuat, teguh pendirian terhadap ilmu, banyak diam, dan sedikit bicara namun banyak bekerja. Demikian sekilas karakter yang beliau sandang.

Apa Itu Al-Muqni’?

“Kitab (Buku) ini mengulas tentang fikih mazhab Imam Abu Abdillah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal Asy-Syaibani rahimahullah. Aku berusaha keras menghimpun dan menyusunnya, meringkas dan memudahkannya, yang sedang, tidak singkat tidak pula panjang, dan memuat banyak hukum tanpa menyertakan dalil dan argumen, agar memuat banyak ilmu, tidak terlalu tebal, mudah dipahami dan dihapal. Sehingga memuaskan bagi penghapalnya dan bermanfaat bagi yang memahaminya.” Demikian ungkap penyusun.

Yang Perlu Anda Tahu Seputar Tahqiq

Tahqiq adalah pemeriksaan secara seksama dan mendetail, biasanya para ulama mendatangi manuskrip dari kitab-kitab karya para ulama yang ingin dicetak, akan tetapi cetakan tersebut membutuhkan perapian naskah, maka sang muhaqqiq mengajukannya untuk dicetak, setelah sebelumnya dievaluasi dengan meneliti harakat naskah aslinya. Jika ada kata-kata yang asing, maka muhaqqiq menjelaskannya dan bila ada salah tulis, maka ia harus merevisinya, dan menyampaikannya secara tersirat atas revisi yang dilakukan. Proses tahqiq yang dikerjakan oleh 2 muhaqqiq buku ini sebagai berikut: Pertama, menjelaskan dan menguraikan redaksi yang rancu. Kedua, memberikan penomeran surah dan ayat Al-Qur’an. Ketiga, mentakhrij hadits yang digunakan sebagai argumen oleh penyusun berikut penjelasan para muhaddits tentang kualitas hadits tersebut. Keempat, memberikan ulasan singkat nama tokoh yang dikutip dalam naskah asli. Kelima, merujuk kutipan pada sumbernya, selama itu memungkinkan. Keenam, menyiapkan sumber rujukan utama dalam proses tahqiq kitab dan menyusun daftar isi kitab.

Judul Buku : Al-Muqni
Penulis : Ibnu Qudamah
Penerbit : Pustaka Azzam
Format Buku : Hardcover
Dimensi Buku : tebal buku 920 halaman, ukuran buku 16 x 24 cm, berat buku packing +/- 1450 gram