Buku Al Bayan Kamus Kosa-Kata Al Qur’an (Zam-Zam Mata Air Ilmu)

Buku Al Bayan Kamus Kosa-Kata Al Qur’an (Zam-Zam Mata Air Ilmu)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 65.000,00
Rp 52.000
You save: IDR 13.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Al-Bayan Kamus Kosa Kata Al-Qur’an

Syaikh Musthafa Al-’Adawi, Penerbit Zam-Zam Mata Air Ilmu

Inilah goresan pena dari ulama Mesir, beliau adalah Al-Hafidz yang semangat dalam mencari ilmu. Guru beliau yang paling menonjol adalah Syaikh Muqbil bin Hadi Al-Wad’i rahimahullah (Pendiri Ma’had Darul Hadits, Dammaj, Yaman). Sepulang dari Yaman, beliau membina sebuah masjid. Yang mana masjid ini menjadi cikal bakal beliau dalam mengajarkan ilmu-ilmu yang telah diperolehnya dari rihlatul ilmi. Apa yang beliau ajarkan? Di antaranya Kitab Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Kitab Tafsir, dan Fiqih.

Beliau terhitung sebagai ulama yang produktif dalam menyusun buku, beberapa karya tulisnya telah sampai di Indonesia yang telah dialihbahasakan oleh beragam penerbit. Di antaranya Tarbiyatul Abna’ (Bagaimana Mendidik Anak), Jami’ul ‘Amm wal Ahkam (Fiqih Seputar Wanita), dan Ahkamun Nikah waz Zifaf (Tanya Jawab Problem Nikah dari A-Z). Adapun buku yang ada di tangan Anda adalah terjemahan dari Bayan fi Ma’ani Mufradat Kitabil ’Aziz, yang beliau sarikan dari buku beliau sendiri yakni Tashil lit Tanzil.

Kamus bahasa Arab memang penuh dengan mufradat, ini salah satunya. Meski bertemakan Al-Qur’an tentunya tidak membuat Anda canggung dalam menelaahnya. Sebab buku ini bukan buku tafsir, melainkan sebuah kamus. Jadi, tidak setiap full surat dibahas satu persatu. Anda dapati surat Al-Fatihah tidak seluruhnya, juga dengan surat-surat lainnya. Inilah khasanah Islam yang semestinya tidak Anda lewatkan begitu saja.

Apa Tujuan Penulisnya? Penulis menyusun kamus kosakata Al-Qur’an sebagai sarana untuk memudahkan kaum muslimin dalam memahami makna ayat-ayat Al-Qur’an. Dengan menggunakan metode yang mudah dan praktis, menjadikan buku ini layak dijadikan sebagai panduan bagi setiap muslim untuk mentadabburi Al-Qur’an.

Surat Al-Falaq

A’udzu: Aku berlindung, aku memohon perlindungan, aku berpegangan (113: 1)

Al-Falaq: Waktu Shubuh, segala yang terbelah dari sesuatu; seperti Shubuh (membelah malam) dan biji-bijian.

Ghaasiqin: Kegelapan, bulan, malam (113: 3)

Waqaba: Masuk, datang dengan kegelapannya

An-Naffatsaati: Para Penyihir Wanita yang meniup simpul tali-tali (113: 4)

Al-’Uqadi: simpul-simpul tali

Motivasi dari Imam Masjid, Apakah Anda mengenal Syaikh Sa’ad Al-Ghamidi, pelantun Al-Qur’an dengan suara merdu? Beliau pernah mengatakan, “Memahami Al-Qur’an jauh lebih penting dibanding menghafal, karena memahami Al-Qur’an hukumnya wajib, sedangkan menghafal Al-Qur’an hukumnya sunnah.”

Judul Buku : Al Bayan Kamus Kosa - Kata Al Qur’an
Penulis : Syaikh Musthafa Al-’Adawi
Penerbit : Zam Zam
Format Buku : Hardcover
Dimensi Buku : tebal buku 316 halaman, ukuran buku 14.5 x 21.5 cm, berat buku packing +/- 500 gram