Buku al-Akhfiya’ (Penerbit Darul Ihsan)

Buku al-Akhfiya’ (Penerbit Darul Ihsan)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 32.000,00
Rp 25.600
You save: IDR 6.400,00! (20.00%)

Product Description

Buku al-Akhfiya’

Walid bin Sa’id Bahakam, Penerbit Darul Ihsan

Salah satu sebab datangnya pertolongan Allah Tabaraka wa Ta’ala, dan diterimanya amal adalah kehadiran hati yang ikhlas. Ketidakhadiran hati yang ikhlas inilah menjadi kelemahan kebangkitan Islam saat ini. Hati seperti ini mewarnai periode pertama Islam, namun tidak banyak disinggung oleh orang yang semestinya bertugas menyerukan kebenaran …

Menyembunyikan Amalan

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعَبْدَ التَّقِىَّ الْغَنِىَّ الْخَفِىَّ

“Sesungguhnya Allah mencintai hamba yang bertakwa, hamba yang hatinya selalu merasa cukup dan yang suka menyembunyikan amalnya.” (HR. Muslim)

Orang-orang yang merahasiakan amalnya adalah mereka yang mengetahui bahwa salah satu dari dua syarat diterimanya amalan ialah ikhlas karena Allah, yaitu melakukan setiap amal untuk mengharapkan ridha Allah, siapapun yang melakukannya. Setelah mereka mengetahui syarat ini, mereka pun berusaha merahasiakan amal shalih yang mereka kerjakan, seraya berharap amal mereka akan diterima, dan menghindari riya’. Di antara mereka dengan Allah ada rahasia-rahasia amal shalih yang tidak diketahui seorang pun.

Adakah kisah terkait menyembunyikan amal di dalam al-Qur’an? Maka jawabnya, “Ada.”

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَعَلَانِيَةً فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (Surat al-Baqarah: 274)
Juga, terdapat dalam surat ar-Ra’d: 22, surat Fathir: 29, Surat Ibrahim: 13, Surat an-Nahl: 75, dan al-Baqarah: 271.

Akhfiya’ Quotes

Ahmad ibn al-Khidr pernah ditanya, “Apakah amal yang paling utama?” Dia menjawab, “Menjaga kerahasiaan amal agar tidak cenderung kepada sesuatu selain Allah.”
Al-Junaid berkata, “Ikhlas merupakan rahasia antara Allah dengan hamba, yang tidak diketahui Malaikat sehingga dia menulisnya, tidak pula diketahui oleh Setan sehingga dia merusaknya dan tidak pula diketahui oleh hawa nafsu sehingga ia mencondongkannya.”
Zubair bin Awwam radhiyallahu ‘anhu berkata, “Barangsiapa di antara kalian mampu menyembunyikan amalnya, maka hendaknya dia melakukannya.”

Tenar Internal Adalah Penyakit
Di antara manusia ada yang membatasi diri dengan model pakaian tertentu tanpa mau mengenakan model pakaian lain, atau dia mengenakan perhiasan tertentu, atau tidak mau berguru kepada syaikh yang lain. Maka, orang-orang semacam inilah yang tertutupi dari keberkahan yang tertinggi. Bisyr menyampaikan, “Orang yang menyukai popularitas berarti bukan orang yang bertakwa kepada Allah.”

Judul Buku : al-Akhfiya’
Penulis : Walid bin Sa’id Bahakam
Penerbit : Darul Ihsan
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : Tebal buku 169 halaman, ukuran buku 14 x 21.5 halaman, berat buku 300 gram