Buku Al-Adzkar (Insan Kamil)

Buku Al-Adzkar (Insan Kamil)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 145.000,00
Rp 116.000
You save: IDR 29.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Al-Adzkar

Imam An-Nawawi, Penerbit Insan Kamil

Buku ini membahas seputar dzikir yang bisa diamalkan kapan saja dan dzikir yang diamalkan berdasarkan waktu. Dan biasanya buku yang membahas hal ihwal dzikir terlalu panjang penyebutan sanadnya. Oleh karena itu, buku ini diringkas sedemikian rupa. Berikut ini kami kutipkan penjelasan dari penulis,

Para ulama telah menyusun buku yang berkaitan dengan amalan sehari-hari, meliputi bermacam-macam dzikir dan doa, namun buku tersebut disertai dengan sanad yang panjang dan pengulangan-pengulangannya. Sehingga dengan adanya seperti itu ternyata melemahkan keinginan para penuntut ilmu, dengan hadirnya buku ini kami bermaksud untuk memudahkan dan membuat para penuntut ilmu menyukainya. Yaitu dengan menyusun secara ringkas serta menyebutkan apa yang perlu diperhatikan. Kami hapus sanad-sanad yang panjang dan hanya kami sebutkan secara ringkas saja.

Mengenal Waktu- Waktu yang Dikecualikan untuk Berdzikir

Sesungguhnya dzikir itu dilakukan pada setiap waktu kecuali pada waktu-waktu yang dikecualikan secara syar’i. Di sini kami kutipkan beberapa saja, adapun selainnya akan kami arahkan pada bab pembahasannya insya Allah. Di antara waktu yang dikecualikan tersebut adalah dimakruhkan berdzikir ketika duduk buang hajat, ketika berjima’, ketika berkhutbah (yakni saat mendengar suar khatib), saat mendirikan shalat. Namun seharusnya disibukkan dengan membaca Al-Qur’an, dan ketika dalam mengantuk. Dzikir tidak dimakruhkan di jalanan, juga tidak dimakruhkan di dalam kamar mandi.

Lupa Baca Doa Saat Bersin. Seseorang yang bersin dan tidak mengucapkan, “Alhamdulillah,” maka ia tidak perlu ditasymit (dijawab dengan “Yarhamukallah,” Begitu pula walau ia mengucapkan, “Alhamdulilah” tetapi tidak ada orang yang mendengarnya maka ia tidak ditasmit pula. Dan terdapat rincian pada hal 483.

Sejumput Mutiara Keikhlasan. Imam Al-Harits Al-Muhasibi berkata, “Orang yang ikhlas adalah orang yang tidak memperdulikan segala penghormatan yang datang dari hati para makhluk demi untuk membersihkan hatinya. Dia merasa tidak senang apabila amal kebaikannya diketahui orang lain meskipun seberat biji dzarrah, dan dia tidak benci apabila amal keburukannya diketahui orang lain.”

Judul Buku : Al-Adzkar Ensiklopedi Dzikir Dan Doa
Penulis : Imam An-Nawawi
Penerbit : Insan Kamil
Format Buku : Hardcover
Dimensi Buku : tebal buku 702 halaman, ukuran buku 17.5 x 24.5 cm, berat buku packing +/- 1450 gram