Buku Al-Adab Al-Mufrad 2 Jilid (Griya Ilmu)

Buku Al-Adab Al-Mufrad 2 Jilid (Griya Ilmu)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 260.000,00
Rp 208.000
You save: IDR 52.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Al-Adab Al-Mufrad (2 Jilid)

Imam Bukhari, Syarah: Syaikh Dr. Muhammad Luqman As-Salafi, Penerbit Griya Ilmu

Bicara adab di era milenial gampang-gampang susah dan kita tidak mengingkari bahwa kemudahan ada di tangan Allah semata. Upaya para da’i, orang tua, para guru, dalam menanamkan adab ini patut kita beri apresiasi. Tentunya, mereka menginginkan lahirnya suatu generasi yang berbekal adab-adab yang mulia.

Buku apa ini? Buku ini sudah kadung melegenda di jaman old, bagaimana tidak … isinya syarat makna. Dari anak kecil hingga orang tua, konsen dalam mempelajarinya. Buku ini disusun oleh Imam Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Bardizbah Al-Bukhari pemilik kitab Shahih. Beliau terkenal mumpuni dalam bidang hadits dan banyak para ulama yang mengambil faidah darinya.

Buku yang ada di hadapan pembaca adalah terjemahan dari Rasysyul Barad Syarh Al-Adabil Mufrad karya Syaikh Abu Abdillah Muhammad As-Salafi seorang rektor sekaligus direktur markaz Islamy di India. Pada awal bab, pensyarah mengomentari beberapa karya tulis yang mensyarah kitab ini dengan faidah yang menawan. Anda dapat menyimaknya pada halaman 4-9. Pada halaman 3, pensyarah mengutip perkataan Imam Ibnul Qayyim seputar adab ini; Adab Islam terbagi tiga, di antaranya; Adab terhadap Allah Subhanahu wa Ta’ala yang akan menjaganya untuk tidak berlaku kurang ajar terhadap-Nya. Kedua, Adab terhadap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketiga, Adab terhadap sesama makhluk. Yaitu berinteraksi dengan mereka sesuai dengan martabat yang mereka miliki, karena masing-masing memiliki adab tersendiri. Oleh karena itu, ada adab kepada orang tua, pengajar, penguasa, kerabat, tetangga, rekan, tamu, dan keluarga.

Begitu pula setiap kondisi berlaku adab khusus. Ada adab khusus yang berlaku ketika makan, minum, berkendaraan, masuk dan keluar rumah, bersafar, iqamah, tidur, berbincang, diam, dan menyimak.

Adab yang ada dalam pribadi seseorang merupakan ciri kesuksesan dan kebahagiaan. Sebaliknya, rendahnya adab merupakan ciri kehancuran dan kesengsaraannya. Kebaikan dunia dan akhirat akan direngkuh dengan adab yang santun yang dimiliki seseorang, begitupula kesengsaraan dunia dan akhirat akan terjadi disebabkan rendahnya adab.

Sudahkah Anda beradab dengan baik hari ini??? Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

   أَكْمَل الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهمْ خُلُقًا

“Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya.” (HR. Ahmad, At-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban)

Judul Buku : Syarah Adabul Mufrad 1 set
Penulis : Syaikh Dr. Muhammad Luqman as-Salafi
Penerbit : Griya Ilmu
Format Buku : Hardcover
Dimensi Buku : ukuran buku 15.5 x 24 cm, berat buku 2 kg