Buku Aku Sudah Baligh (Penerbit Qids)

Buku Aku Sudah Baligh (Penerbit Qids)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 75.000,00
Rp 60.000
You save: IDR 15.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Aku Sudah Baligh (Khusus Laki-Laki)

Nizar Sa’ad Jabal, Lc, M.pd. dan Mu’ammar Abdullah At-Tamimi, Lc., Penerbit Qids

Menyibak dunia remaja memang perlu persiapan ekstra. Yang pertama ialah ilmu agama. Buku yang ada di hadapan pembaca berbicara seputar puberitas yang akan mendatangi siapa saja. Dan bila telah datang, maka sikapilah dengan ilmu, agar tidak salah langkah saat menjalaninya. Berapa banyak seorang remaja yang tumbuh besar tapi ia tidak paham perkara mandi wajib. Sebab ia tidak menemukan referensi yang tepat untuk bertanya atau malas bertanya (yang berujung sesat di jalan).

Meski dikemas dalam bentuk cerita, harapannya anak-anak remaja semakin paham detail-detail kejadian yang dialaminya berikut tutorial ibadah yang semestinya ia tahu. Ada belasan tema yang disuguhkan. Mulai dari mimpi basah yang dianggap sebagai tanda pertama masa baligh, lalu mengenal air mani, air madzi, dan air wadi lengkap dengan perbedaannya. Ada lagi? Ya, ada … yakni mengetahui bagaimana jika hadats dan najis mengenai celana (:apakah dibasahi saja atau dilepas untuk dicuci?), mengenal etika saat berhadas besar, tidak bercerita kepada sembarang orang. 

Kemudian mengenal perubahan fisik pada masa baligh, seperti tumbuh rambut di kemaluan, ketiak dan kumis atau jenggot pada dagu, suara yang berubah tinggi, … ini yang biasa dikenal. Kemudian mengenal kewajiban bagi laki-laki yang sudah baligh, mengetahui adab berpakaian saat menginjak usia baligh, dan mempelajari adab-adab bergaul saat masa itu tiba.

Salah satu dalil tentang baligh, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

رُفِعَ الْقَلَمُ عَنْ ثَلَاثَةٍ: عَنِ النَّائِمِ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ، وَعَنِ الصَّبِيِّ حَتَّى يَحْتَلِمَ، وَعَنِ الْمَجْنُونِ حَتَّى يَعْقِلَ

“Diangkatlah pena (dosa) dari tiga golongan: orang yang tidur hingga ia bangun, anak kecil hingga dia mimpi basah, dan orang gila hingga dia sembuh.”

Seseorang yang telah baligh, hendaknya mengetahui batasan aurat, hal ini berguna saat ia mengenakan pakaian yang dipakai untuk keluar rumah, apakah sudah sesuai dengan perintah Rasulullah?

فَإِنَّ مَا تَحْتَ السُّرَّةِ إِلَى رُكْبَتِهِ مِنَ الْعَوْرَةِ

“Karena di antara pusar sampai lutut adalah aurat.”

Judul Buku : Aku Sudah Baligh Khusus Laki-Laki
Penulis : Nizar Sa’ad Jabal, Lc, M.pd. dan Mu’ammar Abdullah At-Tamimi, Lc.
Penerbit : Qids
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 120 halaman, ukuran buku 20 x 25.8 cm, berat buku packing +/- 350 gram