Buku Aku Sudah Baligh (Penerbit Qids)

Buku Aku Sudah Baligh (Penerbit Qids)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 75.000,00
Rp 60.000
You save: IDR 15.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Aku Sudah Baligh (Khusus Perempuan)

Nizar Sa’ad Jabal, Lc, M.pd. dan Mu’ammar Abdullah At-Tamimi, Lc., Penerbit Qids

Buku full color ini berisi tentang pelajaran berupa tanda-tanda usia baligh. Pada awal pembahasan, pemateri menyuguhkan sosok pemeran utama dalam kisah imajiner, harapannya mampu mewakili sekian keadaan yang pernah dialami oleh seorang perempuan yang menginjak remaja. Pada halaman 4 disebutkan tentang mitos yang beredar: Apakah wajah berjerawat dan rambut rontok itu tanda masa baligh? Pembaca dapat menemukan jawabannya di sini!

Memasuki sesi selanjutnya, penyusun memberikan permisalan bagi tanda baligh yang pertama yaitu terjadinya menstruasi. Dan lagi-lagi mitos: Kaki berdarah: apakah termasuk tanda menstruasi? Lalu pada halaman berikutnya, terdapat pengalaman pertama saat menstruasi dan bagaimana rasanya? Selain mengulik tentang detil menstruasi (datang bulan), maka penulis menyajikan pula sayuran zat besi yang penting untuk dikonsumsi, dan pada hal. 26 disebutkan: Apa saja larangan dan kewajiban saat haid / menstruasi? Seorang yang mengalami haid tidak diperkenankan untuk melakukan ibadah seperti shalat, puasa, dan melakukan thawaf di Ka’bah. Adapun berdzikir atau membaca Al-Quran (dengan menggunakan ha-il/pembatas, maka ini tidak mengapa). Menurut Mazhab Syafi’i. 

Mengingat seorang yang haid diperbolehkan untuk tidak mengganti shalat wajibnya sebagai ketentuan yang berlaku atasnya. Namun tidak dengan puasa, ia tetap wajib diganti dengan mengqadhanya di hari-hari yang lain. Dahulu Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu ‘anha melakukan qadha puasa mendekati bulan Ramadhan yaitu bulan Sya’ban. Dan pernah ada seseorang yang bertanya tentang mengganti shalat, maka beliau radhiyallahu ‘anha menjawab, “Apakah engkau ini wanita dari kalangan Haruri?” (*Haruri adalah nama lain dari Khawarij).

Seusai pelajaran, Aisyah bergumam dalam hatinya, 

Alhamdulillah, hari ini Aisyah mendapat banyak ilmu tentang haid. Aisyah menyadari bahwa Allah Maha Pengasih kepada perempuan. Allah tidak mewajibkan perempuan untuk mengganti shalat yang tidak dapat dilaksanakan kerena haid. Selain itu, sekarang Aisyah juga sudah mengetahui hal-hal apa saja yang dilarang dan diperbolehkan bagi perempuan yang tengah mengalami haid. 

Judul Buku : Aku Sudah Baligh Khusus Perempuan
Penulis : Nizar Sa’ad Jabal, Lc, M.pd. dan Mu’ammar Abdullah At-Tamimi, Lc.
Penerbit : Qids
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 102 halaman, ukuran buku 20 x 25.8 cm, berat buku packing +/- 350 gram