Buku Akhlak Ulama Pewaris Nabi (Pustaka Arafah)

Buku Akhlak Ulama Pewaris Nabi (Pustaka Arafah)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 24.000,00
Rp 19.200
You save: IDR 4.800,00! (20.00%)

Product Description

Buku Akhlak Ulama Pewaris Nabi

Imam Abu Bakar Muhammad bin Al-Husain bin Abdillah Al-Ajurri, Penerbit Pustaka Arafah

Tahukah Anda pembaca bahwa para ahli ilmu telah menulis tentang adab dan akhlak pengemban Al-Qur’an pada buku-buku yang tebal. Mereka juga telah menyusun tentang tema ini pada buku-buku yang sangat berharga, sangat beragam dan bermacam-macam. Dan yang terbaik di antara buku-buku tentang tema ini ialah buku karya imam Abu Bakar Al-Ajurri (wafat 360 H) yang berjudul Akhlak Ulama dan Akhlak Penghafal Al-Qur’an. Sebuah kitab yang sangat agung, amat bermanfaat, dan cocok buat para hafizhul Qur’an. Bahkan layak bagi kaum muslimin untuk memahami dan mengambil manfaat darinya. 

Di antara akhlak orang berilmu yang telah kami sebutkan (dan Allah lebih tahu) adalah: orang yang bergaul dengannya merasa aman dari kejelekannya, dan orang yang berteman dengannya mengharapkan kebaikannya. Tidak membalas karena ketergelinciran orang lain, tidak menyebarkan dosa orang lain. Tidak memutuskan sesuatu berdasarkan berita-berita (yang belum jelas). Tidak menyebarkan rahasia orang yang memusuhinya. Tidak mengalahkan musuhnya dengan cara-cara yang tidak benar. Pemaaf dan lapang dada. 

Di antara dalil yang mendasari hal di atas ialah, Rasulullah bersabda, 

المسْلِمُ مَنْ سَلِمَ المسْلِمُوْنَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ , و المهاجِرَ مَنْ هَجَرَ مَا نهَى اللهُ عَنْهُ

“Yang disebut dengan muslim sejati adalah orang yang selamat orang muslim lainnya dari lisan dan tangannya. Dan orang yang berhijrah adalah orang yang berhijrah dari perkara yang dilarang oleh Allah.” 

Dan Islam menganjurkan untuk tidak membalas kejahatan dengan kejahatan, akan tetapi kejahatan dibalas dengan kebaikan, Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman,

ٱدْفَعْ بِٱلَّتِى هِىَ أَحْسَنُ فَإِذَا ٱلَّذِى بَيْنَكَ وَبَيْنَهُۥ عَدَٰوَةٌ كَأَنَّهُۥ وَلِىٌّ حَمِيمٌ

“Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia.” (Surat Fushilat: 34)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan wasiat pada salah seorang sahabatnya yang bernama Jabir bin Sulaim radhiyallahu ‘anhu untuk menjadi seorang yang pemaaf,

 وَإِنِ امْرُؤٌ شَتَمَكَ وَعَيَّرَكَ بِمَا يَعْلَمُ فِيكَ فَلاَ تُعَيِّرْهُ بِمَا تَعْلَمُ فِيهِ فَإِنَّمَا وَبَالُ ذَلِكَ عَلَيْهِ

“Jika ada seseorang yang menghinamu dan mempermalukanmu dengan sesuatu yang ia ketahui ada padamu, maka janganlah engkau membalasnya dengan sesuatu yang engkau ketahui ada padanya. Akibat buruk biarlah ia yang menanggungnya.”

Judul Buku : Akhlak Ulama Pewaris Nabi
Penulis : Imam Abu Bakar Muhammad bin Al-Husain bin Abdillah Al-Ajurri
Penerbit : Pustaka Arafah
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 174 halaman, ukuran buku 10 x 14 cm, berat buku packing +/- 250 gram