Buku Adab Penghafal Al Qur’an – At-Tibyan (Penerbit Al-Qowam)

Buku Adab Penghafal Al Qur’an – At-Tibyan (Penerbit Al-Qowam)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 48.000,00
Rp 38.400
You save: IDR 9.600,00! (20.00%)

Product Description

Buku Adab Penghafal Al-Qur’an (At-Tibyan)

Imam Abu Zakariya Yahya bin Sharaf An-Nawawi, Penerbit Al-Qowam

Buku ini adalah terjemahan dari kitab At-Tibyan Fii Adaabi Hamalatil Qur’an karya Imam An-Nawawi yang kesohor itu. Viral bukan karena like and share, melainkan keberkahan yang ada pada kitab tersebut. Kitab (buku) apakah ini? Buku ini membahas seputar adab penghafal dan pembaca Al-Qur’an yang terdiri dari 10 bab yang padat dan ringkas (penyusun kadang menyebutkan sanad dan kadang tidak menyebutkannya, agar fokus kepada pembahasan utama).

Raihlah Pahala yang Melebihi Bintang-Bintang Di Langit

Barangsiapa yang ingin dilipatgandakan amal kebajikannya, maka hendaknya ia memfokuskan kepada Al-Qur’an dan menjadi pembawanya, Allah Tabaraka wa Ta’ala sebutkan dalam firman-Nya,

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ ۚ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (Surat Fathir: 29-30)

Dan menjadilah sebaik-baik manusia dengan kerja nyata (baca: mempelajari atau mengajarkan Al-Qur’an). Inilah Nominasi Award sebenarnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

“Sebaik-baik orang di antara kamu adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya (kepada orang lain).” (HR. Bukhari)

Mengapa Ada Hadits Dha’if Pada Buku Ini?

Ketahuilah bahwa para ulama, baik dari kalangan Ahlul Hadits maupun ulama lainnya membolehkan pengamalan hadits dha’if mengenai fadhilah amal (keutamaan suatu amalan). Meskipun demikian, penulis usahakan untuk mencantumkan hadits yang shahih saja dan tidak menyebutkan yang dha’if kecuali di beberapa situasi.

Nah, demikian klarifikasi dari Imam An-Nawawi rahimahullah.

Berpenampilan Sopan

Pernahkah Anda melihat di Youtube para pembawa Al-Qur’an yang (maaf) acak kadul penampilannya, lebih mendekati tidak terawat?!? Jika tatoan, barangkali baru hijrah, maka kita doakan mereka agar istiqamah. Jika ada yang masih pake tindik (nah, kalo ini kebangetan pake banget!). Dahulu … para penghafal Al-Qur’an mendatangi gurunya dengan keadaan yang sempurna, rapi, suci telah bersiwak (adapun sekarang sama halnya dengan menggosok gigi dengan pasta gigi), hatinya tidak sedang disibukkan dengan hal lain, dan tidak masuk ruangan sebelum meminta izin.

Judul Buku : Adab Penghafal Al-Qur’an (At-Tibyan)
Penulis : Imam Abu Zakariya Yahya bin Sharaf An-Nawawi
Penerbit : Penerbit Al-Qowam
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : Ukuran: 23 x 15 cm, Berat: 400 gr, Tebal: 214 halaman