Buku Adab & Akhlak Penuntut Ilmu (Pustaka At-Taqwa)

Buku Adab & Akhlak Penuntut Ilmu (Pustaka At-Taqwa)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 37.500,00
Rp 30.000
You save: IDR 7.500,00! (20.00%)

Product Description

Buku Adab & Akhlak Penuntut Ilmu

Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Pustaka At-Taqwa

Apabila kita cermati hadits-hadits Rasulullah yang mulia maka banyak kita dapati anjuran untuk memperbagus akhlak. Di antaranya, “Tidak ada sesuatu pun yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin pada hari Kiamat daripada akhlak yang baik, dan sesungguhnya Allah sangat membenci orang yang suka berbicara keji dan kotor.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

Dalam hadits yang lain disebutkan, “Sesungguhnya yang paling aku cintai di antara kalian dan yang paling dekat majelisnya denganku pada hari Kiamat adalah yang paling baik akhlaknya …” (HR. At-Tirmidzi)

Mari kita lihat ucapan ulama tentang hal ini, Imam Muhammad bin Sirin berkata, “Mereka (Salaf Shalih) mempelajari petunjuk Nabi (tentang adab) sebagaimana mereka belajar ilmu.” Sedangkan Imam Abdullah bin Mubarak mengatakan, “Aku mempelajari adab selama 30 tahun kemudian aku menuntut ilmu selama 20 tahun. Mereka mempelajari adab sebelum belajar ilmu.”

Buku ini menjelaskan tentang keutamaan mempelajari adab-adab dalam menuntut ilmu serta beberapa adab-adab Islam yang seharusnya terdapat pada para penuntut ilmu. Penulis jelaskan masalah adab-adab menuntut ilmu ini karena masalah ini sangatlah penting. Sebab, banyak dari para penuntut ilmu yang lupa atau tidak menaruh perhatian sama sekali tentang masalah ini sehingga ia menjadi seorang penuntut ilmu yang kaku, kasar, tidak punya adab, bahkan bersikap kurang ajar kepada orang tua dan guru (ustadz)nya yang mengajarkan ilmu yang bermanfaat kepadanya. Wallahul Musta’an. Buku ini sebagai upaya memperbaiki adab dan akhlak para penuntut ilmu, sebagai peringatan kepada mereka, juga dalam rangka saling tolong menolong dalam kebaikan dan saling nasehat menasehati karena Allah Ta’ala.

Membersihkan Hati dari Akhlak-Akhlak yang Buruk

Hendaknya seorang penuntut ilmu membersihkan hatinya dari segala kecurangan, kotoran, iri, dengki, keyakinan yang buruk, dan akhlak yang jelek. Yang demikian itu agar hatinya siap dalam menerima ilmu, menghafalnya, dan merenungi makna-makna dan hakikat yang dikandung ilmu tersebut. Karena sesungguhnya ilmu -sebagaimana perkataan sebagian ulama-- adalah shalat yang tersembunyi, ibadah hati dan batin. Sebagaimana shalat seseorang tidak sah -ia merupakan amal anggota badan yang tampak- kecuali dengan bersuci dari hadats dan najis, maka ilmu pun demikian, ia tidak sah kecuali dengan bersuci dari sifat-sifat yang buruk dan akhlak-akhlak yang jelek.

Judul Buku : Adab & Akhlak Penuntut Ilmu
Penulis : Yazid bin Abdur Qadir Jawas
Penerbit : Pustaka At Taqwa
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : ukuran 14 cm x 21 cm, berat 300 Gram