Buku 8 Barometer Ibadah yang Baik dan Diterima (Darul Haq)

Buku 8 Barometer Ibadah yang Baik dan Diterima (Darul Haq)

Beli Produk Ini

Rp 7.000

Product Description

Buku 8 Barometer Ibadah yang Baik dan Diterima

Dr. Ahmad bin Abdurrahman Al-Qadhi, Penerbit Darul Haq

Sesungguhnya Allah menciptakan makhluk hanya untuk beribadah kepada-Nya. Bahkan, Allah telah menciptakan alam semesta ini bagi mereka untuk mewujudkan tujuan mulia ini dengan sebaik-baiknya. Maka hikmah dari penciptaan adalah ibadah, dan menjalani serangkaian cobaan adalah untuk mendapatkan ibadah dengan baik dan sempurna. Kata “ibadah” memiliki dua makna; makna dari sisi hakikatnya dan makna dari sisi istilahnya.

Delapan barometer ibadah disuguhkan oleh penulis dengan bahasa sederhana yang mudah untuk dipahami. Pertama; ikhlas untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kedua, bermutaba’ah kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketiga, melaksanakannya disertai rasa takut dan berharap. Keempat, khusyu’, rendah hati, dan lapang dada. Kelima, konsisten. Keenam, Minta pertolongan kepada Allah Ta’ala. Ketujuh: Kemudahan, tidak membebani dan tidak mempersulit. Kedelapan: Melaksanakan setiap ibadah pada waktunya yang telah ditentukan.

Khusyu’, Rendah Hati, dan Lapang Dada

Ini adalah kondisi istimewa, yang merupakan hasil dari sikap sebelumnya, di mana orang yang beriman mempunyai kepribadian ini secara lahir maupun secara batin, di mana hatinya menjadi tenang, dan ini akan tampak pada raut mukanya dan gerakan anggota badannya pada semua ibadah-ibadah yang dia lakukan. Allah Azza wa Jalla berfirman tentang shalat,

قَدْ أَفْلَحَ ٱلْمُؤْمِنُونَ ٱلَّذِينَ هُمْ فِى صَلَاتِهِمْ خَٰشِعُونَ

“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’  dalam shalatnya.” (Surat Al-Mu’minun: 1-2)

Kemudahan, Tidak Membebani, dan Tidak Mempersulit

Allah Telah menyifati KitabNya dengan Kemudahan, Dia berfirman,

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا ٱلْقُرْءَانَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِن مُّدَّكِرٍ

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (Surat Al-Qamar: 7)

Allah Ta’ala telah memberikan karuna kepada Nabi-Nya dengan kemudahan, maka Dia berfirman, (artinya) “Dan Kami akan memudahkan bagimu ke jalan kemudahan (dalam segala hal).” (Surat Al-A’la: 8)

Oleh karena itu,  “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sama sekali tidak pernah diberi pilihan di antara dua perkara kecuali beliau akan memilih yang termudah di antara keduanya selama itu tidak mengandung dosa, jika di sana terdapat dosa, maka beliau adalah orang yang paling jauh dari itu.”

Allah Ta’ala telah menjadikan agama-Nya dan syariat-Nya ini sebagai simbol kemudahan dan toleransi.

Judul Buku : (Saku) 8 Barometer Ibadah yang Baik dan Diterima
Penulis : Dr.Ahmad bin Abdurrahman al-Qadhi
Penerbit : Darul Haq
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 64 halaman, ukuran buku saku 10 x 14.5, berat buku 100 gram