Buku 76 Tanya Jawab Tentang Masalah Shalat (Pustaka Ibnu Umar)

Buku 76 Tanya Jawab Tentang Masalah Shalat (Pustaka Ibnu Umar)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 27.000,00
Rp 22.000
You save: IDR 5.000,00! (18.52%)

Product Description

Buku 76 Tanya Jawab Tentang Masalah Shalat

Syaikh Ibnu Baz, Pustaka Ibnu Umar

Shalat adalah amalan pertama yang akan dihisab di hari Kiamat kelak, ia juga termasuk tiang agama, barangsiapa menjaganya maka ia telah mengokohkan pondasi-pondasi keislamannya. Buku yang berbicara fikih biasanya terkesan berat untuk dikaji, apalagi jika sudah memasuki perbedaan pendapat. Namun, lain dengan buku ini. Buku ini dibawakan dalam bentuk soal jawab (question-answer), satu metode yang dicontohkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam mendidik para sahabatnya. Dan didapati dalam majelis para ulama, pun demikian.

Sebut saja, majelis ilmu yang diampu oleh Syaikh Muqbil bin Hadi al-Wadi’i rahimahullah. Hampir-hampir beliau menanyai setiap peserta kajiannya berdasarkan tingkat pemahamannya. Hal ini sebagaimana diceritakan oleh sebagian murid-murid beliau yang berdakwah di Indonesia. Demikian pula, Syaikh Ibnu Baz, siapa yang tidak mengenal Syaikh Ibnu Baz rahimahullah. Apabila kita membaca biografi beliau, maka kita akan mendapati tokoh panutan umat ada di depan mata kita. Bagaimana beliau mengajarkan ketawadhu’an dan ikramnya terhadap tamu yang datang ke rumah beliau, meski tamu itu berkunjung pada dini hari?!? Sebuah akhlak yang luar biasa …

Kepada Siapakah Kita Bertanya?

Ketika kita berusaha untuk memahami agama ini, dan menemukan kesulitan pada bagian-bagian tertentu, maka buku ini akan menjadi rujukan untuk memahami bagian-bagian dari agama yang sulit untuk difahami tersebut, dan menjadi tempat bertanya bagi Anda dalam masalah-masalah yang setiap hari dialami dalam beribadah kepada-Nya, khususnya seputar pelaksanaan shalat. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

“Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.” (Surat an-Nahl: 43)

Duburush Shalat

Pertanyaan: Kapankah waktu yang dimaksud dengan duburush shalat dalam hadits-hadits yang menerangkan dorongan untuk melakukan doa dan dzikir pada saat-saat tersebut? Apakah waktu tersebut di akhir shalat atau setelah salam?

Jawaban: Kalimat duburush shalat bisa mengandung dua pengertian; pertama, di akhir shalat, dan kedua, langsung setelah salam. Hadits-hadits shahih menunjukan dua pengertian tersebut. Namun, kebanyakan hadits menunjukkan akhir shalat sebelum salam, ketika hadits tersebut menerangkan tentang doa, seperti hadits Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, tatkala Rasulullah mengajarinya bacaan tasyahud. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kemudian, hendaklah ia memilih doa yang paling dikaguminya, lalu ia berdoa dengannya.” (HR. an-Nasa’i dan Abu Dawud)

Di antara hadits di mana duburush shalat bermakna di akhir shalat sebelum salam adalah hadits Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu. (Selengkapnya hal. 189-198)

Judul Buku : (Saku) 76 Tanya Jawab Tentang Masalah Shalat
Penulis : Syaikh Ibnu Baz
Penerbit : Pustaka Ibnu Umar
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : Ukuran buku saku 10.5 x 15 cm, tebal buku 240 halaman, berat buku 200 gram