Buku 40 Hadits Pilihan Pembentuk Karakter Muslimah (Darul Haq)

Buku 40 Hadits Pilihan Pembentuk Karakter Muslimah (Darul Haq)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 19.000,00
Rp 15.200
You save: IDR 3.800,00! (20.00%)

Product Description

Buku 40 Hadits Pilihan Pembentuk Karakter Muslimah

Manshur bin Hasan Al-Abdullah, Darul Haq

Para ulama banyak membuat karya seputar 40 hadits yang bermanfaat dengan tema yang beragam. Yang populer ialah Arba’in An-Nawawi karya Imam Abu Zakariyya Yahya An-Nawawi. Juga, ulama abad ini Syaikh Rabi’ bin Hadi Al-Madkhali dengan karyanya yang membahas 40 hadits seputar aqidah dan manhaj. Adapun buku yang ada di hadapan pembaca ini mengurai 40 hadits yang diharapkan mampu untuk membentuk karakter muslimah.

Hadits ke-15: Larangan Bepergian Tanpa Mahram. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ يَحِلُّ لامْرَأَةٍ تُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ أَنْ تُسَافِرَ مَسِيرَةَ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ لَيْسَ مَعَهَا حُرْمَةٌ

“Tidak halal (boleh) bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhir safar sejauh sehari semalam (perjalanan) dengan tanpa mahram (yang menyertainya).” (HR. Bukhari, Muslim, dan Ahmad)

Hadits ini menunjukkan tentang keharaman seorang wanita safar sendirian tanpa mahramnya karena dikhawatirkan terjadi keburukan yang besar. Para ulama berbeda pendapat tentang safar sendirian tanpa mahram untuk menunaikan ibadah haji yang fardhu. Kebanyakan para ahli ilmu mengatakan bahwa boleh bagi wanita safar tanpa mahram untuk hal tersebut, dan tidak disyaratkan harus dengan mahram, tetapi yang disyaratkan adalah keamanan jalan, sebagaimana ini masyhur di kalangan madzhab Syafi’iyah. Namun, pendapat yang tepat adalah disyaratkan bagi wanita safar beserta mahramnya hingga aman dari musibah besar. Apabila ia berhaji sendirian, maka hajinya tetap sah, tetapi mendapat dosa karena safar sendirian tanpa disertai mahram, padahal haji yang pertama itu tidak wajib baginya.

Hadits ke-21: Bersama Suaminya Shalat Malam. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

رَحِمَ اللهُ رَجُـلاً، قَامَ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّى، وَأَيْقَظَ اِمْرَأَتَهُ فَصَلَّتْ، فَإِنْ أَبَتْ نَضَحَ فِيْ وَجْهِهَا الْمَاءَ، وَرَحِمَ اللهُ اِمْرَأَةً، قَامَتْ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّتْ، وَ أَيْقَظَتْ زَوْجَهَا، فَإِنْ أَبَى نَضَحَتْ فِيْ وَجْهِهِ الْمَاءَ

“Semoga Allah merahmati seorang suami yang bangun di waktu malam lalu shalat dan ia pun membangunkan istrinya lalu sang istri juga shalat. Bila istri tidak mau bangun ia percikkan air ke wajahnya. Semoga Allah merahmati seorang istri yang bangun di waktu malam lalu ia shalat dan ia pun membangunkan suaminya. Bila si suami enggan untuk bangun ia pun memercikkan air ke wajahnya.” (HR. Abu Dawud, An-Nasa’i, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban)

Lalu Ibnul Jauzi mensyarah hadits ini dengan penjelasan yang indah, selengkapnya pada hal.79

Judul Buku : 40 Hadits Pilihan Pembentuk Karakter Muslimah
Penulis : Manshur bin Hasan al-Abdullah
Penerbit : Darul Haq
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 117 halaman, ukuran buku 12,5 cm x 17,5 cm, berat buku packing +/ 250 gram