Buku 34 Amalan Penghapus Dosa (Pustaka Imam Asy-Syafi’i)

Buku 34 Amalan Penghapus Dosa (Pustaka Imam Asy-Syafi’i)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 35.000,00
Rp 28.000
You save: IDR 7.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku 34 Amalan Penghapus Dosa

Fahd bin Abdurrahman Asy-Syuwaib, Pustaka Imam Asy-Syafi’i

Manusia diciptakan lemah dan kurang tekadnya, kadang ia terjatuh ke dalam dosa. Namun demikian, Allah Ta’ala tidak membiarkannya, Allah memberikan pintu taubat seluas-luasnya,

وَمَنْ يَعْمَلْ سُوءًا أَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهُ ثُمَّ يَسْتَغْفِرِ اللَّهَ يَجِدِ اللَّهَ غَفُورًا رَحِيمًا

“Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Surat An-Nisaa’: 110)

Buku ini berisi bahasan yang bermanfaat, di antaranya: Makna kafarat, tiga pembatal kafarat, penghalang untuk meraih pahala dari amalan penghapus dosa, 34 amalan penghapus dosa, dan 9 amalan yang bukan penghapus dosa. Sebelumnya penulis mengawalinya dengan sepatah kata mukadimah yang berfaedah. 

Dua hal penting dalam memahami kafarat: Pertama, pahala amalan-amalan shalih yang berfungsi menghapus dosa tidak bisa diraih seorang hamba jika ia melakukan salah satu dari tiga hal pembatal kafarat. Kedua, hendaklah  seorang hamba senantiasa bertaubat kepada Allah secara sungguh-sungguh dengan memenuhi syarat-syarat diterimanya taubat tersebut. 

Masuk Islam, Hilang Seluruh Dosa! Al-Hafizh Ibnu Katsir berkata, “”Perhatikan firman Allah berikut ini,

 إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا

“Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya.” (Surat Az-Zumar: 53)

Ini adalah seruan Rabb bagi orang-orang yang berdosa, baik dari kaum kafir maupun lainnya, agar bertaubat dan kembali kepada Allah.“”

Di dalam ayat yang lain Allah Tabaraka wa Ta’ala kisahkan perihal Abu Sufyan dan kawan-kawan musyriknya),

قُل لِّلَّذِينَ كَفَرُوا إِن يَنتَهُوا يُغْفَرْ لَهُم مَّا قَدْ سَلَفَ وَإِن يَعُودُوا فَقَدْ مَضَتْ سُنَّتُ الْأَوَّلِينَ

“Katakanlah kepada orang-orang kafir itu, (Abu Sufyan dan kawan-kawannya) ‘Jika mereka berhenti (dari kekafirannya), niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosa mereka yang telah lalu; dan jika mereka kembali lagi (memerangi Nabi), sungguh akan berlaku (kepada mereka) sunnah (Allah terhadap) orang-orang terdahulu (dibinasakan).” (Surat Al-Anfaal: 38)

Lalu penulis tutup risalah ini dengan memaparkan hadits-hadits dha’if yang populer penyebutannya di tengah-tengah masyarakat. Salah satunya: Ghibah ialah dosa besar, siapa yang melakukannya wajib bertaubat. Terdapat riwayat dari Anas bin Malik yang meresahkan redaksinya yakni “Penghapus dosa ghibah adalah memohonkan ampun bagi yang digunjingkan.”

Imam As-Sakhawi mengatakan dalam Al-Maqashid Al-Hasanah (I/169), “Dha’if jiddan (sangat lemah).” Sedangkan Syaikh Al-Albani menggolongkan hadits di atas sebagai hadits maudhu’.

Judul Buku : 34 Amalan Penghapus Dosa
Penulis : Fahd bin Abdurrahman Asy-Syuwaib
Penerbit : Pustaka Imam Asy-Syafi’i
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 167 halaman, ukuran buku 14 x 21 cm, berat buku packing +/- 400 gram