Al-Qur’an Waqaf dan Ibtida’ A5 (Cover Muslimah)

Al-Qur’an Waqaf dan Ibtida’ A5 (Cover Muslimah)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 88.500,00
Rp 80.000
You save: IDR 8.500,00! (9.60%)

Product Description

Al-Qur’an Waqaf dan Ibtida’ (Cover Muslimah)

Penerbit Suara Agung

Dewasa ini banyak sekali Al-Qur’an yang ditawarkan dengan fitur tertentu. Ada Qur’an Tikrar (khusus bagi penghafal Al-Qur’an). Ada pula yang menampilkan tafsir per kata guna menambah kosa kata bahasa Arab bagi seseorang disertai terjemahnya berikut asbabun nuzul-indeks-panduan ilmu tajwid dan selainnya. Adapun mushaf ini lebih fokus kepada waqaf dan ibtida’. Apa itu? Tanda waqaf artinya berhenti sementara, sedangkan tanda ibtida’ artinya mulai membaca ulang bacaan sebelum waqaf (panduan metode ini dapat Anda lihat dalam kata pengantar).

Tanda waqaf yang masyhur dalam Al-Qur’an ada enam (ada pula yang membaginya menjadi 14). Di antara tanda waqaf itu (tanda huruf mim) artinya wajib berhenti dan disebut dengan waqaf lazim. (Tanda huruf qaf lam alif bengkong atau qiila ‘alaihil waqf) artinya lebih baik berhenti dan disebut Al-Waqfu aula. (Tanda waqaf Shad lam ya) artinya lebih baik disambung dan disebut dengan Al-Waslu aula. (Tanda Mu’anaqah yakni berupa tanda titik tiga yang biasanya di atas huruf tsa) artinya berhenti pada salah satu waqaf tersebut. Lalu ada (tanda huruf jim yang disebut waqaf ja-iz) artinya boleh berhenti, atau boleh bersambung. Terakhir, (Tanda lam alif yang disebut ‘Adamul waqfi) artinya tidak boleh berhenti, dan bila terpaksa berhenti harus diulang dari sebelumnya.

Insya Allah, teori di atas tidak serumit prakteknya. Bukankah Allah Ta’ala sendiri yang menjamin kemudahan dalam mempelajari Al-Qur’an? Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (Surat Al-Qamar: 17)

Judul Buku : Al-Qur’an Waqaf dan Ibtida’
Penerbit : Suara Agung
Format Buku : Hard Cover
Dimensi Buku : Tebal alquran 606 halaman, ukuran alquran 16 x 22 cm, berat alquran 740 gram