Al-Qur’an Hidayah (tafsir Perkata, Tajwid, Dan Kode Angka)

Al-Qur’an Hidayah (tafsir Perkata, Tajwid, Dan Kode Angka)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 75.000,00
Rp 67.500
You save: IDR 7.500,00! (10.00%)

Product Description

Al-Qur’an Hidayah (Tafsir Perkata, Tajwid, Dan Kode Angka)

Al-Qur’an Hidayah (Tafsir Perkata, Tajwid, Dan Kode Angka)-Jadikan al-Qur’an sebagai penghias keimanan diri kita, pelembut, sekaligus pelecut bilamana kita terjatuh ke dalam lembah dosa. al-Qur’an merupakan kalamullah (perkataan Allah) dan bukan makhluk, sebagaimana masyhur dalam perkataan para ulama terdahulu:

Perkataan Ulama Ahlus Sunnah wal Jama’ah

  • Imam Ahmad rahimahullah berhujjah membantah jahmiyyah dan mu’tazilah dengan ayat  pada Surat al-A’raaf: 54, “Saya berkata Allah berfirman: {أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ}, maka (dalam ayat ini) Dia membedakan antara makhluk dengan perintah-Nya.”
  • Ibnu Abi Hatim rahimahullah mengatakan, “Aku bertanya kepada Bapakku dan Abu Zur’ah tentang madzhab Ahlus Sunnah dalam dasar-dasar Agama Islam dan apa yang mereka berdua ketahui tentang keyakinan para Ulama dari berbagai negeri serta apa yang mereka berdua yakini. Mereka berdua berkata, ‘Kami dapatkan para ulama dari berbagai negeri, baik Hijaz, Irak, Syam, Yaman, maka di antara madzhab mereka iman itu ucapan dan perbuatan, bertambah dan berkurang, serta al-Qur’an adalah Kalamullah, bukan makhluk, ditinjau dari segala sisinya.’”
  • Di dalamTafsir al-Baghawi; 2/109 disebutkan: “Hanya milik Allah lah semua makhluk, karena Dia lah yang menciptakan-Nya. Dan hanya hak-Nya lah memerintah itu, Dia memerintah dalam (mengatur) makhluk-Nya, dengan sesuatu yang dikehendaki-Nya. Sufyan bin Uyainah mengatakan bahwa Allah membedakan antara makhluk dengan perintah-Nya, maka barangsiapa menyamakan keduanya berarti ia telah kafir.”  

Dalil bahwa al-Qur’an Kalamullah

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَإِنْ أَحَدٌ مِنَ الْمُشْرِكِينَ اسْتَجَارَكَ فَأَجِرْهُ حَتَّىٰ يَسْمَعَ كَلَامَ اللَّهِ ثُمَّ أَبْلِغْهُ مَأْمَنَهُ ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ قَوْمٌ لَا يَعْلَمُونَ

“Dan jika seorang diantara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah ia ketempat yang aman baginya. Demikian itu disebabkan mereka kaum yang tidak mengetahui.” (Surat at-Taubah: 6).

Sisi Pendalilan:

Yang dimaksud dengan Kalamullah di dalam ayat ini adalah al-Qur’an, sebagaimana yang disebutkan Ibnu Katsir rahimahullah dalam Tafsirnya. Dalam Ayat ini, kata “Kalam/Firman” disandarkan kepada kata “Allah”, sedangkan Kalam (firman) bukanlah sesuatu yang berdiri sendiri yang terpisah dari diri Allah seperti makhluk, akan tetapi sesuatu yang ada pada Allah sebagai sifat bagi-Nya, dengan demikian Kalamullah (al-Qur’an) dalam ayat ini, bukanlah makhluk. (Disarikan dari muslim.or.id/25140)

Judul Al-Qur’an : Al-Hidayah A5
Penerbit : Kalim
Format Buku : Hardcover
Dimensi Buku : ukuran alquran 15 x 20,5 cm, berat alquran 846 gram