Kiat Memulai Bisnis Buku-buku Islam

Bisnis Buku Islam, Menebar Kemanfaatan

Alhamdulillah perkembangan dakwah Islam di Indonesia setelah era reformasi begitu pesat. Walaupun akhirnya banyak terjadi gesekan-gesekan pergerakan antar golongan karena reformasi yang sudah melenceng dari jalur. Sehingga kita dapati, disamping dakwah Islam berkembang juga aliran-aliran menyimpang ikut tumbuh subur.

Inilah tugas kita Ahlussunnah untuk menyebarkan dakwah ini serta membendung berbagai aliran menyimpang dengan memperbanyak buku-buku islam. Jadi kita bisa menggabungkan 2 niat sekaligus yaitu berjualan sambil berdakwah.

Kali ini toko buku Islam Nikimura.com akan memberikan sedikit tips bagi Anda kiat-kiat bisnis buku muslim.

1. Dimana Anda akan menjualnya?

Ini harus bisa Anda lihat dengan cermat. Jualan buku itu tidak seperti jualan sembako yang orang butuhkan sehari-hari. Jika Anda punya banyak dana bisa membeli ruko ditempat-tempat strategis semisal di kampus-kampus atau sekitar pondok pesantren.

Tapi kalau dirasa hal itu memberatkan Anda bisa lakukan dengan menjual secara online dengan buat blog atau di sosial media

2. Menghitung modal

Sebelum memulainya Anda juga harus menghitung modal yang diperkirakan. Karena ini akan menentukan langkah Anda berbisnis buku islam selanjutnya. Modal ini bisa Anda gunakan untuk membeli rak-rak, ataupun kulakan di penerbit. Karena kita tahu, kalau mengawali bisnis buku paling tidak ada modal pokoknya.

3. Kumpulkan Daftar Penerbit

Tugas Anda adalah mencari penerbit-penerbit buku islam ahlussunah. Lakukan kerja sama dengan mereka dan dia akan memberikan daftar harga sesuai dengan kebutuhan penjualan Anda.

4. Mencari Media Promosi Terbaik

Nah, ini tugas selanjutnya bagi Anda. Yaitu mencari media promosi yang cocok dengan segmen buku-buku yang Anda jual. Kalau perlu, buat katalog harga agar orang lebih mudah memilih buku yang diinginkan.

Contoh kecil saat ini yang lagi semarak adalah mengikuti even-even semacam bookfairs. Atau bisa kita menyewa stand-stand kajian islam yang disediakan oleh panitia. Dan banyak lagi..

5. Kalau Tidak Ada Modal?

Kalau tidak ada modal Anda masih bisa menjual buku kok dengan cara kongsian dengan toko buku terdekat. Anda bisa pinjam katalog atau memoto buku tersbut dan Anda jual secara oline. Lebih mudahnya bikin web toko buku muslim online dan ini lebih mudah Anda lakukan tanpa banyak mengeluarkan modal besar.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk kita semua

Admin

Nikimura.com (Toko Buku Islam Indonesia)

Leave your comment here