Buku Mukaddimah Ibnu Khaldun

Buku Mukaddimah Ibnu Khaldun

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 240.000,00
Rp 192.000
You save: IDR 48.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Mukaddimah Ibnu Khaldun

Mukaddimah buku apakah itu? Apakah Anda tahu? Sebuah buku yang hampir diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa karena keunggulan isinya. Disegani kawan (kaum muslimin) dan lawan (kaum kafirin). Beliau bernama Waliuddin Abdurrahman bin Muhammad bin Muhammad bin Abi Bakar Muhammad bin al-Hasan, yang lebih akrab disapa dengan Ibnu Khaldun. Tentang Waliudin (wallahu ‘alam, apakah termasuk gelar atau masuk ke dalam nama, karena sebagian besar literatur menyebutkan bahwa nama beliau adalah Abdurrahman). Kembali ke tema … Inilah dia Mukaddimah dari buku yang berjudul ‘al-Ibrar’! Penulisnya menyatakan, “Kitab ini aku susun dalam bentuk mukaddimah dan tiga kitab:

Mukaddimah

Bagian ini menjelaskan tentang keutamaan ilmu sejarah, madzhab-madzhab sejarah, dan berbagai kekeliruan para Sejarawan.

Kitab Pertama

Bagian ini menjelaskan tentang peradaban dan unsur-unsur penting yang menjadi prasyarat peradaban seperti; raja, penguasa, pekerjaan, profesi, ilmu pengetahuan, dan faktor-faktor yang mendasari itu semua.

Kitab Kedua

Buku ini berisi tentang sejarah orang-orang Arab, generasi-generasi mereka, dan kerajaan-kerajaan mereka sejak masa kekhalifahan hingga saat ini (masa awal kali, buku ini mencuat ke pasaran). Selain itu, buku ini juga memuat sejarah tentang sebagian bangsa-bangsa terkenal seperti; Nabath, Saryaniyah, Persia, Bani Israel, Qibthi (bangsa Mesir), Yunani, Romawi, dan Eropa.

Kitab Ketiga

Buku ini menjelaskan tentang sejarah orang-orang Barbar dan sebagian kabilah mereka yang terkenal yakni bernama Zinatah. Buku ketiga ini menyebutkan permulaan mereka, generasi-generasi mereka, kekuasaan, dan kerajaan yang ada di Maghrib secara khusus. bla .. bla .. bla ..” Sungguh menarik sekali!

Ibnu Khaldun Siapakah Dia?

Seseorang dikenal dari gurunya, sebab darinya lah ia menimba ilmu. Mari kita sedikit mengenal sesiapa saja yang pernah menjadi guru bagi tokoh sejarah ini. Beliau dilahirkan di tengah-tengah keluarga ilmuwan maka tak heran bila ia mampu menangkap pesan-pesan ‘mulia’ yang diberikan oleh keluarganya. Guru pertama beliau adalah Abu Abdillah Muhammad (ayah beliau sendiri), darinya beliau belajar membaca, menulis, dan bahasa Arab. Guru beliau yang lain ialah Muhammad bin Sa’ad al-Anshari; darinya beliau belajar  al-Qur’an dan Qira’at al-Hasayiri. Lalu berguru kepada Syaikh Syamsuddin Muhammad al-Wadiyasi; darinya beliau belajar ilmu hadits, bahasa Arab, dan fiqih. Dan dua guru beliau yang paling berpengaruh baginya adalah Syaikh Muhammad bin Ibrahim al-Abili dalam penguasaanya terhadap ilmu filsafat dan Syaikh Abdul Muhaimin dalam penguasaannya terhadap ilmu agama (Kutubus sittah, al-Muwatha’, dan kitab-kitab lainnya)

Buku cetak edisi hardcover, tebal buku 1087 halaman, ukuran buku 16,5 x 24,5 cm, dan dengan berat 1800 gram.

Penulis: Abdurrahman bin Muhammad bin Khaldun

Penerbit: Pustaka Al-Kautsar